Apa yang dimaksud dengan luka terbuka? dan bagaimana cara mengatasinya

Apa yang dimaksud dengan luka terbuka? dan bagaimana cara mengatasinya

Baca Juga

gambar Apa yang dimaksud dengan luka terbuka? dan bagaimana cara mengatasinya

Luka terbuka adalah cedera yang melibatkan istirahat eksternal atau internal di dalam jaringan tubuh, kebanyakan melibatkan kulit. Hampir seluruh orang dapat mengalami luka terbuka di sebagian titik di dalam hidup mereka. Luka yang paling terbuka adalah kecil dan dapat diobati di rumah.

Air terjun, kecelakaan bersama dengan benda tajam, dan kecelakaan mobil adalah penyebab paling umum luka terbuka. Dalam kasus kecelakaan serius, Anda kudu melacak perawatan medis segera. Hal ini khususnya berlaku jikalau tersedia banyak perdarahan atau jikalau perdarahan terjadi sepanjang lebih berasal dari 20 menit.

Apakah tersedia beragam style luka terbuka?
Ada empat style luka terbuka, yang diklasifikasikan bergantung pada penyebabnya.

Abrasi
Abrasi terjadi saat kulit Anda menggosok atau menghilangkan pada permukaan kasar atau keras. Ruam jalan adalah semisal berasal dari abrasi. Biasanya tidak tersedia banyak pendarahan, tapi lukanya kudu digosok dan dibersihkan untuk jauhi infeksi.

Luka gores
Sebuah lakerasi adalah luka di dalam atau merobek kulit Anda. Kecelakaan bersama dengan pisau, alat, dan mesin kerap mengakibatkan luka. Dalam kasus lacerations mendalam, perdarahan dapat cepat dan luas.

Pungsi
Tusukan adalah lubang kecil yang disebabkan oleh objek runcing yang panjang, seperti paku atau jarum. Terkadang, peluru dapat mengakibatkan luka tusukan.

Tusukan barangkali tidak berdarah banyak, tapi luka ini dapat memadai di dalam untuk mengakibatkan kerusakan organ internal. Jika Anda memiliki luka tusukan lebih-lebih kecil, datang ke dokter Anda untuk mendapatkan tembakan tetanus dan menghindar infeksi.

Splenik
Sebuah splenik adalah sebagian atau lengkap merobek kulit dan jaringan di bawahnya. Avulsions kebanyakan terjadi sepanjang kecelakaan kekerasan, seperti kecelakaan menghancurkan tubuh, ledakan, dan tembakan. Mereka berdarah berat dan cepat.

Bagaimana luka terbuka diobati?
Beberapa luka dapat diobati di rumah dan orang lain barangkali butuh perjalanan ke dokter Anda untuk pendekatan medis.

Rumah perawatan untuk luka ringan
Luka gampang dapat diobati di rumah. Pertama, cuci dan disinfeksi luka untuk menghalau seluruh kotoran dan serpihan. Gunakan tekanan segera dan elevasi untuk mengontrol pendarahan dan pembengkakan.

Ketika membungkus luka, senantiasa memakai pembalut steril atau perban. Luka yang terlampau kecil dapat membuat sembuh tanpa perban. Anda kudu merawat luka senantiasa bersih dan kering sepanjang lima hari. Anda terhitung kudu menegaskan Anda mendapatkan banyak istirahat.

Nyeri kebanyakan menyertai luka. Anda dapat menyita asetaminofen (Tylenol) seperti yang diarahkan pada paket. Hindari produk bersama dengan aspirin gara-gara mereka dapat mengakibatkan atau memperpanjang pendarahan.

Oleskan es jikalau Anda mengalami memar atau bengkak, dan Hindari menuai pada scabs. Jika Anda menghabiskan sementara di luar rumah, memakai tabir surya yang Sun Protection factor (SPF) 30 di area sampai terlampau sembuh.

Kapan menemui dokter
Meskipun Anda dapat membuat sembuh sebagian luka di rumah, Anda kudu menemui dokter jika:

luka terbuka lebih berasal dari 1/2 inci
perdarahan tidak berhenti bersama dengan tekanan langsung
perdarahan terjadi lebih lama berasal dari 20 menit
pendarahan adalah akibat berasal dari kecelakaan serius
Perawatan medis
Dokter Anda barangkali memakai teknik yang berlainan untuk membuat sembuh luka terbuka Anda. Setelah bersihkan dan barangkali mati rasa daerah, dokter Anda dapat menutup luka memakai kulit lem, jahitan, atau jahitan. Anda barangkali terima tembakan tetanus jikalau Anda memiliki luka tusukan.

Tergantung pada wilayah luka Anda dan potensi infeksi, dokter Anda barangkali tidak menutup luka dan membiarkannya sembuh secara alami. Hal ini dikenal sebagai pengobatan bersama dengan tekad sekunder, yang artinya berasal dari pangkal luka ke epidermis dangkal.

Proses ini barangkali mengharuskan Anda untuk mengemas luka Anda bersama dengan kain kasa. Meskipun pengobatan barangkali tidak muncul cantik, menghindar infeksi dan pembentukan abses.

Pengobatan lain untuk luka terbuka terhitung obat penghilang rasa sakit. Dokter Anda terhitung dapat meresepkan penisilin atau antibiotik lain jikalau tersedia infeksi atau risiko tinggi untuk mengembangkan infeksi. Dalam sebagian kasus, Anda barangkali kudu pembedahan.

Jika bagian tubuh terputus, itu kudu dibawa ke rumah sakit untuk barangkali reattachment. Bungkus bagian tubuh di dalam kasa lembab dan berkemas di dalam es.

Ketika Anda meninggalkan kantor dokter, Anda barangkali memiliki perban dan dressing. Sangat penting untuk mencuci tangan dan bekerja pada permukaan yang bersih saat merubah perban dan dressing.

Disinfeksi dan keringkan luka secara menyeluruh sebelum saat membalasnya lagi. Buang dressing tua dan perban di kantong plastik.

Apakah tersedia komplikasi berasal dari luka terbuka?
Komplikasi utama berasal dari luka terbuka adalah risiko infeksi. Hubungi dokter Anda segera jikalau Anda udah memiliki tusukan, Deep laceration, atau kecelakaan nyata-nyata dan Anda menunjukkan isyarat perdarahan yang penting atau infeksi.

Tanda perdarahan terhitung perdarahan kontinu yang tidak merespon tekanan langsung. Anda barangkali mengalami infeksi jikalau luka menunjukkan:

peningkatan drainase
hijau tebal, kuning, atau coklat
nanah bersama dengan bau busuk
Tanda lain berasal dari infeksi termasuk:

demam lebih berasal dari 100.4 ° f (38 ° c) sepanjang lebih berasal dari empat jam
benjolan lembut di pangkal paha atau ketiak
luka yang tidak menyembuhkan
Dokter Anda dapat kuras atau debride luka dan kerap meresepkan antibiotik jikalau infeksi bakteri berkembang. Dalam kasus yang serius, Anda barangkali kudu pembedahan untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi dan kadang terhitung jaringan sekitarnya.

Kondisi yang dapat berkembang berasal dari luka yang terbuka meliputi:

Lockjaw. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan tetanus. Hal ini dapat mengakibatkan kontraksi otot di rahang dan leher Anda.
Necrotizing fasciitis. Ini adalah infeksi jaringan lunak kritis yang disebabkan oleh beragam bakteri terhitung Clostridium dan Streptococcus yang dapat mengakibatkan hilangnya jaringan dan sepsis.
Selulitis. Ini adalah infeksi kulit Anda yang tidak di dalam kontak segera bersama dengan luka.

Outlook
Apakah Anda memiliki luka terbuka kecil atau lebih serius, penting untuk menyita tindakan cepat. Beberapa luka terbuka dapat diobati di rumah, tapi ini tidak senantiasa terjadi.

Anda kudu perhatian medis jikalau Anda memiliki memotong di dalam atau jikalau Anda perdarahan banyak. Hal ini menegaskan Anda terima perawatan yang paling tepat dan mengurangi risiko komplikasi dan infeksi.

No comments:

Post a Comment